Sabtu, 08 Februari 2014

3 Makanan Khas Pati

1.) SEGO (NASI GANDUL)

Sego Gandul Gajah Mati

Sego Gandul Gajah Mati.Kalau dilihat namanya Sego Gandul atau Nasi Gandul bisa menyesatkan. Seperti saya ketika pertama kali diajak makan Sego Gandul ini. Dalam benak saya gandul adalah nama lain untuk pepaya dalam bahasa jawa, jadi sego gandul adalah nasi dengan sayur pepaya. Ternyata dugaan saya salah besar.
Sego Gandul adalah nasi yang diberi masakan daging kuah. Daging sapi yang telah dibubui dan dimasak tersedia di meja dengan berbagai pilihan: ada empal, kulit, hati, lidah, dan paru. Bumbunya kalau menurut saya seperti dibacem


2.) SOTO KEMIRI

Selain sego/nasi gandul, di kota Pati juga ada soto khas Pati yang namanya Soto Kemiri. Soto ini berbeda dengan soto Kudus yang bening. Soto kemiri lebih mirip soto Jakarta yang kuahnya diberi santan dan berwarna kuning. Soto kemiri menggunakan daging ayam yang sudah dibumbu kuning, berbeda dengan soto Jakarta yang menggunakan daging sapi. Seperti halnya sego gandul, kuah soto kemiri sangat kental dan bersantan. Namun, warnanya kuning dan rasanya lebih gurih.

 

3.) PETIS RUNTING

 

Petis? Ini bukan cairan pekat hitam olahan dari rebusan ikan yang mengolesi tahu goreng. Ia bukan “tahu petis” yang sudah dikenal umum. Petis yang satu ini merupakan variasi masakan daging kambing yang hampir sama dengan gulai. Bedanya, petis kambing dicampur tepung beras dan rebusan daging. Sekilas, menu ini seperti gulai, kuahnya sedikit gelap. Namun saat anda menyantapnya, ada sensasi banyak butiran kenyal hangat yang lumer, ketika kuah sudah masuk dalam mulut. Ada beberapa potong bagian kambing yang menyembul di kuah, namun kebanyakan gajih atau lemak serta tulang kambing. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar