Sabtu, 08 Februari 2014

4 Makanan Khas Kebumen

1.) SATE AMBAL



Sekalipun ada Sate Kambing dan Sate ayam dari Madura misalnya, Sate Ambal tidak terasa tersaingi, bahkan tak sedikit ada rasa akan tersingkirkan. Bahkan, sate tersebut semakin dicari orang terutama bagi mereka yang pernah mencobanya.

2.) JIPANG KACANG


Kabupaten Kebumen juga dikenal sebagai penghasil makanan khas berupa jipang kacang. Hingga kini aktivis perajin jipang kacang masih bisa ditemui di Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Makanan cemilan tersebut sudah diproduksi sejak nenek moyang.

3.) NASI PENGGEL ISI KIKIL LEMBU 

 

Satu lagi kuliner khas Kebumen yang hampir susah dijumpai, yakni Nasi Penggel. Nasi penggel adalah  nasi putih yang dikepeli atau dibuat seperti bola pingpong. Biasa disantap dengan lauk sayur lodeh gori (nangka muda) dan kikil sapi plus tempe goreng dan kerupuk. 

4.) GADO-GADO KHAS KEBUMEN


Gado-gado khas Kebumen yang setiap hari mangkal di Jalan Sutoyo tepatnya di depan SMA Negeri 1 Kebumen menawarkan sensasi rasa gurih, pedes dan manis yang merupakan rasa khas Ke...bumen.
Gado-gado racikan Sundari terdiri dari kupat, berbagai sayuran, tahu, tempe dan telor. Sebagai ciri khasnya Sundari hanya menggunakan kacang tanah sebagai bumbu utamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar