Sabtu, 08 Februari 2014

4 Makanan Khas Pandeglang

1.) PASUNG MERAH



Pasung merah adalah makanan khas yang terbuat dari bahan-bahan seperti beras, sagu, gula merah dan putih, kelapa dan di cetak menyerupai bentuk terompet dengan menggunakan daun pisang.

2.) JOJORONG


Salah satu makanan khas Masyarakat Pandeglang adalah Jojorong, makanan yang terbuat dari Tepung Beras, Gula Merah, Santan, Daun Pandan dan disajikan kedalam mangkok yang terbuat dari daun pisang ini memiliki rasa yang khas, karena rasanya campuran dari rasa manis gula merah alami dan rasa gurih dari santan. Kue ini bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional di Pandeglang.

3.) ANGEUN LADA


Angeun Lada berasal dari bahasa Pandeglang yang artinya Sayur Lada. Bahan utama untuk sayur ini adalah Daging Sapi bagian  Babat yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti Kemiri, Bawang Merah dan Putih, Cabe Merah, Kencur, dan Daun Walang. Rasanya cukup unik karena ada rasa rempah dari kencur, dan rasa gurih juga tercium aroma daun walang.

4.) KUE BALOK

Nikmatnya Kue Balok Khas Pandeglang

Berkunjung ke Kota Pandeglang rasanya wajib menikmati kue yang satu ini . Kue ini disebut balok karena kue ini seperti balok kayu yang digunakan sebagai bantalan rel kereta api. Bahan untuk membuat kue balok ini hampir sama dengan membuat getuk hanya prosesnya saja yang sedikit berbeda. Kue balok ini ada tiga jenis, Kue Balok Manis yang terbuat dari campuran gula aren pada singkongnya sehingga berwarna coklat, Kue balok Isi sarundeng, dan yang ketiga Kue balok biasa dengan sarundeng terpisah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar