Sabtu, 08 Februari 2014

5 Makanan Khas Bangka Belitung

1.) LEMPAH KUNING



Lempah ini merupakan makanan yang khas dan menjadi makanan utama dalam keluarga dan masyarakat, juga menjadi makanan dalam upacara adat dan keagamaan. Makanan ini seperti sayur sop namun berwarna kuning. Terbuat dari ikan laut, potongan nenas dan campuran bumbu kunyit, lengkuas, bawang, gula dan garam. Rasanya gurih dan menyegarkan. Ikan yang digunakan biasanya ikan Kerisi yang banyak ditemui di perairan Bangka. Bentuknya kecil-kecil seperti ikan sarden. Ikan akan terasa lebih nikmat jika dimasak dalam keadaan segar. Sebab akan membuat daging ikan terasa lunak jika dimasak. Sayur ini banyak dijual di warung-warung.

2.) RUSIP/ROSEP



Rusep atau Rosep adalah makanan tradisional orang Bangka. Makanan ini terbuat dari ikan teri difermentasi, kemudian disimpan dalam botol untuk diawetkan. Rusip diproduksi secara merata di setiap daerah di Kabupaten Bangka. Tetapi dengan masih dalam skala kecil bisnis (skala rumah tangga). Makanan ini sering ditemukan di toko-toko yang menjual makanan khas di Bangka, namun ada juga yang dijual langsung dari rumah ke rumah.

3.) GETAS ATAU GEMPLANG ATAU KRETEK

Makanan Khas Bangka Belitung

Cemilan in merupakan makanan khas Bangka Belitung yang juga memiliki bahan dasar dari hewan laut yaitu ikan Tenggiri, garam, bumbu pneyedap dan juga tepung tapioka . Makanan ini mudah ditemukan di toko toko di Bangka. Bahkan produksi makanan khas ini juga sudah menjadi pendapatan tambahan yang dikerjakan oleh ibu ibu di Bangka Belitung.

4.) KERICU

Makanan Khas Bangka Belitung

Makanan khas Bangka Belitung yang satu ini ternyata punya gizi yang sangat tinggi.  Selain bergizi tinggi makanan ini juga punya rasa yang enak. Makanan ini banyak dijadikan sebagai penghasilan tambahan yang biasanya diproduksi di rumah rumah penduduk. Bahan untuk membuat makanan ini adalah telur cumi cumi, sagu, telur ayam, garam dan bumbu penyedap.

5.) PANTIAW

Makanan Khas Bangka Belitung

Nama makanan yang satu ini cukup unik Pantiaw. Makanan ini bentuknya seperti mia atau bisa juga dibilang seperti laksa tapi bentuknya berbeda. Makanan ini bisa dengan mudah kamu temukan kalau sedang ada di Bangka Belitung. Makanan ini biasanya dijadikan sebagai makanan selingan. Bahan utama untuk pembuatan makanan yang satu ini adalah sagu dan juga tepung beras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar