Sabtu, 08 Februari 2014

5 Makanan Khas Bali

1.) AYAM BETUTU

ayam-betutu-bali

Ayam Betutu merupakan  ikon makanan khas Bali . Ayam Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek utuh yang diisi bumbu, lalu dipanggang. Betutu juga digunakan sebagai sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat.

2.) SEROMBOTAN

srombotan-bali

Serombotan adalah lauk pauk khas daerah Klungkung, terbuat dari sayur buah botor muda atau paku, toge,dan kubis yang dimasak setengah matang. Kemudian diberi bumbu yang disebut kalas yang terdiri dari santan, kunyit, lengkuas, bawang merah dan putih, ketumbar dan kencur. Kalas inilah yang menjadi ciri khas dari serombotan, saat dihidangkan ditaburi kacang goreng dan nasinya dicampur ubi jalar.

3.) NASI JINGGO
Nasi-jenggo
Nasi Jinggo mirip dengan nasi kucing yang ada di Jawa. Namun bedanya Nasi Jinggo ini ditambah dengan tempe, telur, dan tahu. Karena porsinya yang sedikit, kalau makan Nasi Jinggo tidak cukup kalau hanya makan satu porsi

4.) SATE SUSU
Sate susu. Selama ini bali kita kenal sebagai salahsatu provinsi di indonesia yang agama terbesarnya adalah hindu dan islam hanya menjadi salahsatu agama minoritas, tetapi jangan dikira saat bulan ramadan seperti sekarang ini di bali tidak akan kita temukan keramaian yang berhubungan dengan ramadan. Salahsatu keramaian ramadan yang bisa kita temukan adalah pasar sore ramadan yang terletak di kampung jawa dan makanan paling di cari disana adalah sate susu yang memang menjadi makanan khas kampung jawa terutama saat ramadan.

5.) JAJA BALI
Jaja Bali adalah kue-kue basah ala Bali. Rasa kuee di Bali itu cenderung manis, selain suka pedas lidah orang Bali suka manis. Dari deretan kue-kue basah yang cukup terkenal di Bali, misalnya laklak, kelepon, dan bulung biasanya selalu menawarkan rasa manis. Orang Bali biasa membuat pemanisnya dari gula kelapa atau mereka menyebutnya dengan gula Bali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar